KabarMuslim.id. Majalengka—Tindakan Hoax seperti yang dilakukan tiga perempuan di Karawang yang mensosialisasikan fitnah kepada Jokowi akan mengakibatkan kecemasan, kebencian, dan permusuhan di tengah masyarakat.

Hoax adalah perbuatan keji yang mengotori akal sehat, mengancam NKRI dan mencederai nilai kemanusian.

Karenanya Milenial Muslim harus menyatakan sikap perang terhadap hoax dengan terus melakukan gerakan literasi media, memproduksi kontens positif, melakukan chek and rechek sebelum menyebarkan sebuah berita dan melakukan edukasi ke tengah masyarakat agar tidak ternanar fitnah hoax.

Demikian nasehat Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono di hadapan ribuan Milineal Muslim di Pondok Pesantren Al-Mizan Ciborelang Jatiwangi Majalengka, Kamis 28/2 2019.

Milenial muslim yang terdiri dari santri pondok pesantren, remaja masjid, civitas perguruan Islam dan pemgurus ormas kepemudaan NU ini dengan penuh semangat menjawab, “ Siap!”, saat Dua Jendral bertanya, “Kami berdua mengajak semua generasi Milenial untuk perang melawan hoax. Apakah kalian siap?”.

Pengasuh Ponpes Al-Mizan KH. Maman Imanulhaq menegaskan bahwa acara yang difasilitasi Kapolres Majalengka Kapolres AKBP Maryono, SIK M.Si ini sangat penting karena melibatkan generasi Milenial Muslim yang dalam Pilpres 2019 berjumlah sekitar 80 juta orang.

Tokoh muda NU ini memegaskan bahwa hoax adalah perbuatan keji atau faahisyah (QS. An-Nur ayat 22) yang harus dilawan bersama.

Maman memberi penjelaskan beberapa ciri Hoax. Di antaranya sumber berita tidak jelas, tidak berdasarkan data dan fakta, menyudutkan salah satu pihak, bermuatan fanatisme dan menghina pemimpin dan alat negara seperti Presiden, TNI dan Polri.

Kegiatan yang dikemas santai, akrab dan gembira itu diisi menyanyikan Indonesia Raya, Lagu Hubbul Wathan, Doa oleh ketua MUI Majalengka KH.Anwar Sulaiman dan ramah tamah.

BACA JUGA:  Khilafah Tidak Ada Dasarnya dalam Alquran maupun Hadis Sumber

Sejumlah tokoh yang tampak hadir pada kesempatan ini Wakapolda Jabar, Dandim Majalengka Letnan Kolonel Arm. Novi Herdian, S.H MM, KH. Dr. Sarkoshi Subki dan tokoh masyarakat lainnya.


Sumber : harakatuna.com