Bagi sebagian orang menangis itu menunjukan suatu kesedihan, bagi laki-laki menangis adalah suatu yang menunjukan suatu kelemahan, akan tetapi bagi perempuan menangis merupakan luapan hati yang melegakan. Menangis juga merupakan bagian dari kegiatan yang biasa dilakukan setiap orang dalam kehidupanya. Kebanyakan orang berfikir bahwa menangis terjadi disebabkan oleh kejadian yang sedih. Tapi sebenarnya tidak hanya sebatas itu, ternyata menangis mempunyai makna yang sangat luas.

Dalam kacamata kesehatan, menangis merupakan cermin emosi manusia, yang merupakan bagian dari penyaluran emosi yang meliputi kesedihan, kegembiraan, kekagetan, ketakutan, cinta kasih, kebencian dan kemarahan.

Sudah bisa dipastikan bahwa setiap manusia yang terlahir didunia pernah merasakan menangis. hal ini menunjukan suatu tanda bahwa pada dasarnya manusia diberi rasa untuk merasakan suasana yang dialaminya. Berbekal perpaduan antara akal dan rasa inilah manusia akan merasakan hidup bahagia ketika menjalani hidup di dunia.

Sesuatu yang harus dipahami adalah ketika kita terlahir didunia sebagai bayi mungil dan dalam keadaan menangis, akan tetapi semua orang disekeliling kita menyambut tangis bayi mungil itu dengan kebahagian, maka kita harus berjuang sekuat tenaga, beramal bakti secara nyata ketika kelak kita meninggalkan dunia, semua orang menangis karena kehilangan kita, akan tetapi kita merasa bahagia bertemu dengan yang terkasihi, Allah rabbul ‘Alamin.

Menurut sahabat Ali Bin Abi Tholib bahwasanya menangi itu ada tiga jenis, yang pertama adalah nangis karena takut kepada Allah SWT, menangis jenis ini menurut beliau adalah pelebur untuk setiap dosa, dengan demikian maka kenikmatan yang didapatkan adalah selamat dari berbagai siksa di akhirat kelak,

Menangis jenis kedua adalah menangis karena takut akan kemarahan Allah, menangis jenis ini merupakan penyuci hati dari segala aib, menangis jenis ini akan menghasilkan kenikmatan yang langgeng, dan derajat yang mulia di surga.

Menangis jenis ketiga adalah menangis karena takut terputusnya rahmat Allah, menangis jenis ini menurut sahabat Ali adalah menangisnya orang dalam derajat wali yang mengharap ridho yang dikasihi, maksudnya yaitu hancurnya orang yang menangis untuk menghadat dzat yang maha agung. Menangis jenis ini akan menghasilkan indahnya kabar gembira karena keridhoan terhadap Allah dengan Melihat Dzat Allah secara langsung dan mengunjungi para malaikat Malaikat.

Demikianlah tiga jenis menangis yang diutarakan Sahabat Ali harus engkau rasakan ketika hidup didunia, karena ketiga jenis tangis ini akan menyelamatkanmu kelak di akherat.

[zombify_post]


Sumber : harakatuna.com

BACA JUGA:  Empat Tingkatan Puasa: Dari Fikih ke Tasawuf